Kiswahwisata.com – Turki memperkenalkan praktik pariwisata aman                                  ditengah pandemi Covid-19 dalam pertemuan bertajuk “ReTurkey”.Sedikitnya beberapa wisatawan warga negara Indonesia (WNI) telah berkunjung ke hagia sophia di Istanbul, Turki, usai bangunan itu difungsikan kembali sebagai masjid pada 24 Juli 2020 lalu. Mereka pun terkesima dengan kemegahan bangunan berusia 1.400 tahun lebih itu. Turis-turis asal Indonesia itu datang ke Hagia Sophia itu mengaku terkesima dengan keindahan Hagia Sophia.

Dalam pertemuan yang digelar pada 19-20 Juni di Antalya, Turki, sejumlah wisatawan dan pekerja media dari berbagai negara menjajal langsung bagaimana praktik wisata aman di Turki. Mereka mengamati semua rincian wisata dan protokol keselamatan, di bawah “Program Sertifikasi Pariwisata Aman”, mulai dari transportasi hingga akomodasi.

“Kami mempertimbangkan semua detail untuk tamu yang ingin berlibur di negara kami,” ujar Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Mehmet Nuri Ersoy, dalam keterangannya. Dalam pertemuan itu, Menteri Ersoy menyambut para tamu dan menyatakan kegembiraannya atas kedatangan mereka. Turki, ujar Ersoy, adalah negara pertama di Eropa yang meluncurkan sistem sertifikasi pariwisata aman di tengah pandemi Covid-19.

Ini menunjukkan keseriusan Turki dalam menangani pariwisata aman di tengah pandemi, kata Ersoy. “Kami siap untuk menyambut warga mereka [dari berbagai negara] ke Turki, setelah penerbangan internasional dibuka kembali,” imbuh dia.

Ersoy menjelaskan bahwa jumlah pendaftar Sertifikasi Pariwisata Aman membludak dengan cepat. Hal itu, tambah Ersoy, menunjukkan bahwa jumlah kasus Covid-19 di kota wisata seperti Aydın, Antalya dan Muğla cukup rendah.

Sebagai penutup dari pertemuan tersebut, Direktorat Jenderal Opera dan Balet Negara juga menyajikan konser khusus di Teater Kuno Aspendos ke hadapan para peserta. Selain itu, sejak1 Juli, Turki mencatumkan Covid-19 dalam paket asuransi kesehatan bagi wisatawan asing yang berkunjung.

Dalam bulan Agustus ini, pihaknya akan kembali memberangkatkan sekitar ratusan turis asal Indonesia ke Istanbul dengan tujuan utama Masjid Hagia Sophia. Adapun biaya yang dikenakan bervariasi, tergantung pada durasi di Istanbul dan fasilitas yang diberikan.

Mengenai aktivitas pariwisata di Turki, Tugrul seorang pemandu wisata mengatakan sejumlah destinasi wisata di sana sudah kembali buka sejak sebulan terakhir. Sama seperti negara lain, wisatawan yang datang juga harus mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak satu sama lain, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Khusus bagi yang ingin berkunjung ke Hagia Sophia, Tugrul mengatakan ada satu hal yang berubah ketika wisatawan masuk ke sana. “Wisatawan boleh masuk Hagia Sophia, tapi yang mengenakan pakaian terbuka akan dikasih kain,” kata dia.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *